Wisata Rumah Apung Wongsorejo Banyuwangi

Wisata Rumah Apung Wongsorejo Banyuwangi. Rumah Apung Banyuwangi ini adalah tempat liburan dengan mengedepankan keindahan alam bawah laut. Bukanlah sebuah rumah makan seperti yang ada dibenak para wisatawan pada umumnya. Alamat dari kawasan wisata ini berada di daerah Bangsring Wonorejo. Dan letaknya berada di tengat laut.

Lokasi wisata ini terdiri dari 3 gubuk dimana sudah dilengkapi dengan toilet. Di gubuk gubuk ini para wisatawan sudah bisa menikmati dan juga menyaksikan keindahan panorama taman serta ekosistem yang ada di bawah laut.

Kawasan ini dikelola oleh “Bangsring Underwater” yang merupakan sebuah komunitas dengan anggota dari para nelayan tradisional yang hidup dan biasa mencari ikan di sekitaran Banyuwangi. Para nelayan ini lalu membangun dan memperbaiki ekosistem serta menjaga lingkungan di sekitar Rumah Apung Banyuwangi tersebut.

Keindahan Wisata Rumah Apung Banyuwangi

Banyak yang menyebut bahwasanya lokasi wisata ini mempunyai pesona yg tidak kalah dibandingkan dengan Raja Ampat atau Wakatobi. Jadi para turis yg ingin menikmati keindahan serta pesona eksotis taman dan ekosistem laut tersebut tidak perlu repot-repot datang ke Raja Ampat atau ke Wakatobi. Cukup mengunjungi Rumah Apung Banyuwangi tersebut.

Sebagai tahap awal pembuatan wisata rumah apung, di Waduk Lecari telah disebar sebanyak 23.000 benih ikan patin. Penebaran benih ikan tersebut merupakan program restocking tebar ikan terkendali (barkanli). Untuk langkah selanjutnya akan ditambahkan juga fasilitas permainan air, transportasi air dan restoran apung.

Penyebaran bibit ikan patin juga sekaligus menjadikan Waduk Lecari ini sebagai sentra ikan patin. Nantinya di sekitar area wisata rumah apung Lecari ini akan disediakan warung-warung terapung yang menjual menu khas kuliner olahan ikan patin. Fasilitas lain yang juga akan disediakan bagi wisatawan di antaranya perahu wisata, kerambah, dan kuliner warung tepi sungai.

Harapannya wisatawan yang datang ke area wisata terapung ini bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil melihat aktivitas masyarakat dengan menggunakan perahu. Setelah itu bisa mampir ke warung-warung terapung di sekitar waduk, untuk mencicipi kuliner ikan patin.

Nikmati Alam Sambil Cicipi Lezatnya Kuliner Ikan

Ada banyak cara untuk menikmati pesona yang ditawarkan oleh kawasan tersebut. Para pelancong bisa snorkeling dan juga berenang bersama ikan hiu yang ada di sekitar area tersebut. Bahkan para turis juga bisa ikut memegang ikan hiu tersebut secara langsung. Tenang saja, ikan hiu yg ada di area tersebut memang tidak terlalu galak dan juga jinak. Sehingga para turis bisa bermain-main dengan ikan hiu tersebut dengan bebas.

Para turis juga bisa melihat berbagai macam spesies ikan hias lainnya di sini. Mulai dari ikan nemo hingga beberapa terumbu karang yg hidup di area bawah laut tersebut. Tentu saja hal ini bisa memberikan keasyikan tersendiri bagi para wisatawan yg ingin menikmati eksotisme dari taman rekreasi air tersebut.

Rumah Apung Banyuwangi ini memang masuk ke dalam lokasi liburan baru. Pasalnya peresmian dan pembukaannya sendiri baru digelar pada tahun 2014 yang lalu. Dibangun serta dibentuknya Rumah Apung Banyuwangi tersebut memang ditujukan untuk melakukan pelestarian terhadap Terumbu Karang yang sekarang ini sudah mulai punah.