Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi Kota

Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi Kota. Adalah Salah satu pantai yang cukup ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan adalah Pantai Cacalan. Lokasinya memang agak “masuk”, dari arah Banyuwangi ke Ketapang masuk ke arah kanan setelah SPBU Sukowidi. Pantai ini masuk lingkungan Sukowidi Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro Banyuwangi.

Rute menuju Pantai Cacalan

Rute menuju Pantai Cacalan cukup mudah, jika kalian dari pusat Kota Banyuwangi arahkan kendaraan kalian menuju Pelabuhan Ketapang, kalian akan melewati Pasar Kampung Arab atau pasar Lateng- lalu Supermarket Hardy, lalu  Pertigaan Lampu Lalu Lintas Sukowidi ambil lurus nanti setelah melewati Pom Bensin kiri jalan dan Indomaret di kanan jalan ada puteran balik dan disebrangnya ada gapura bertuliskan Pantai Cacalan. Arahkan kendaraan memasuki gang tersebut dan kalian akan sampai di Pantai Cacalan. Ke pantai Cacalan naik angkot juga mudah, kalian bisa menaiki angkot Jurusan Terminal Brawijaya (Karangente) – Pelabuhan Ketapang dan turun di gapura masuk Pantai Cacalan. Memasuki pantai Cacalan kita hanya ditarik biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk Mobil.

Sejarah Pantai Cacalan

Kosakata Cacalan berasala dari kata cacal dalam bahasa jawa, yang artinya pembersihan lahan dari rumput atau tumbuhan lain dengan cangkul dan alat alat lain seperti sabit dan sebagainya . Pada saat pembukaan lahan pertanian, terdapat pohon bambu di cacal atau di pacul. Karena hal tersebut pantai ini disebut dengan pantai Cacalan.

Waktu yang tepat untuk datang ke Pantai Cacalan ini adalah pagi hari untuk melihat matahari terbit atau sore hari menjelang petang untuk melihat efek senja. Kalau kita datang di senja hari, banyak cafe yang buka dan mungkin kita bisa melihat pertunjukan. Di hari-hari libur, juga ada pertunjukan khusus baik musik life maupun kesenian yang lain.