BHAJAWANGI Komunitas Barisan Hape Jadoel Banyuwangi

BHAJAWANGI Komunitas Barisan Hape Jadoel Banyuwangi adalah Komunitas ajang saling berbagi, diskusi, dan tukar wawasan mengenai HP dan gadget Jadul antar sesama anggota dan komunitas lain diluar Banyuwangi. Berbagai kegiatan diagendakan untuk menjaga keaktifan HP Jadul dan  melestarikannya.

Kekompakan keluarga besar Komunitas Barisan Hape Jadoel Banyuwangi (BHAJAWANGI) patut ditiru. Pasalnya, sesibuk apa pun anggota dan pengurus, mereka tetap meluangkan waktu untuk berkumpul guna merekatkan tali silaturahmi.

Sejarah BHAJAWANGI

Bhajawangi didirikan pada 22 Maret 2016 di Mahakam Cell yang terletak Jl Mahakam II Mojoroto Mojopanggung Giri Banyuwangi. Ide atau gagasan untuk mendirikan Komunitas Barisan Hape Jadoel Banyuwangi Bhajawangi yaitu dikala sesama penggemar HP Jadoel lagi berkumpul ngopi bersama, oleh Nanang Kusuma, Setio Budi dan Ahmad Hariyadi tercetus gagasan mendirikan suatu komunitas.

Pengurus Bhajawangi

Penasihat :
Ahmad Hariyadi, Kadek Jawa, Ony Tailor, Taufan Lingga

Ketua :
Nanang Kusuma

Wakil Ketua :
Setio Budi

Sekretaris :
SetiaOne

Bendahara :
Danar Prasetyo

Moderator :
Wisnu Wardana, Torris, Bang Dhika Putra, Cak Ros, Bang Iyan, Husni Mubarak, Rafa Bin Hadi.

Bhajawangi mengagendakan akan rutin menggelar agenda kobar (kopi bareng) dan kopdar (kopi darat) di kalangan pencinta HP jadul. Tak cuma bertujuan untuk ketemu dan membahas HP Jadul, komunitas ini juga menjadikan hubungan persaudaraan baru antar anggota. Selain itu juga untuk menjaga eksestensi atau keberadaan HP jadul sehingga tidak hilang tergerus usia, zaman dan kecanggihan Smartphone.

Diharapkan dengan adanya wadah komunitas ini bisa membantu para pencinta HP Jadul bisa saling sharing mengenai pengetahuan dan koleksi HP Jadul masing-masing. Saling tukar menukar informasi sangat penting mengingat merawat HP Jadul tidak mudah, karena perlu ketelatenan dan kesabaran.

Namun kini dengan kian membanjirnya telepon pintar, keberadaan HP jadul mulai kembali digandrungi. Bahkan, keberadaan komunitas HP jadul di mana pun berada selalu jadi perhatian publik karena meski dianggap telah ketinggalan zaman, tapi ternyata HP Jadul punya keunggulan tersendiri.

Salah satu keunggulan ponsel Jadul adalah daya tahan baterai dan kekuatan materialnya. HP Jadul dikenal cukup tahan lama, bahkan meski jatuh terbentur benda keras sekali pun, umumnya masih tetap bisa digunakan. Apalagi baterainya bisa tahan hinga beberapa hari sekali diisi (charge).

Tak heran ketika komunitas HP jadul mengadakan pameran dan membuka lapak ditempat umum, publik selalu antusias dan tertarik dengan pajangan beragam jenis HP jadul. Tak cuma sekadar melihat-lihat, publik juga kerap berhasrat memilikinya dan bersedia mengeluarkan uang dalam jumlah besar hanya untuk memiliki HP jadul.

Ke depannya ujar Nanang Kusuma selaku ketua Bhajawangi, komunitasnya berkeinginan bisa membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat umum terutama komunitas lain yang berada di Banyuwangi, agar komunitas-komunitas di Banyuwangi tidak hanya sekedar komunitas yang hanya berkumpul tetapi juga ikut memajukan pembangunan Banyuwangi dengan kegiatan yang bermanfaat dan memberi energi positif pada masyarakat.